Cara Menghindari Hard Disk Terkena BitLocker pada Sistem Windows

How to Avoid Hard Disk Affected by BitLocker on Windows Systems

Keamanan data menjadi prioritas utama, terutama saat menggunakan sistem operasi Windows. BitLocker, sebagai fitur bawaan Windows, memberikan perlindungan terhadap akses yang tidak sah dengan mengenkripsi data pada hard disk. Namun, terkadang pengguna ingin menghindari penggunaan BitLocker.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan cara menghindari hard disk terkena BitLocker pada sistem Windows.

1. Pahami BitLocker dengan Jelas

Sebelum menghindari BitLocker, penting untuk memahami apa itu BitLocker dan mengapa Microsoft mengintegrasikannya ke dalam Windows. BitLocker adalah alat enkripsi penuh disk yang membantu melindungi data dari akses yang tidak sah jika perangkat hilang atau dicuri.

2. Pilih Edisi Windows yang Sesuai

BitLocker tidak tersedia di semua edisi Windows. Edisi Windows Pro, Enterprise, dan Education menyertakan fitur BitLocker. Jika Anda tidak ingin menggunakan BitLocker, pertimbangkan untuk menggunakan edisi Windows Home atau edisi lain yang tidak menyertakan fitur ini secara default.

3. Jangan Mengaktifkan BitLocker

Pada beberapa versi Windows, BitLocker tidak diaktifkan secara otomatis. Saat menginstal Windows, perhatikan apakah BitLocker meminta aktivasi. Jika tidak, biarkan opsi ini nonaktif.

4. Nonaktifkan BitLocker Jika Sudah Aktif

Jika Anda menemukan bahwa BitLocker telah diaktifkan, Anda dapat menonaktifkannya. Ikuti langkah-langkah berikut:

Buka “Control Panel” pada komputer Anda.

Pilih “System and Security” dan kemudian klik “BitLocker Drive Encryption.”

Pilih drive yang dienkripsi, kemudian pilih “Turn off BitLocker.”

5. Gunakan Alternatif Enkripsi Pihak Ketiga

Jika Anda membutuhkan lapisan keamanan yang serupa tanpa menggunakan BitLocker, pertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak enkripsi pihak ketiga. Program seperti VeraCrypt atau DiskCryptor menyediakan opsi enkripsi yang kuat.

6. Pilih Opsi Enkripsi Saat Instalasi Windows

Saat menginstal ulang Windows, Anda dapat memilih untuk tidak mengaktifkan opsi enkripsi selama proses instalasi. Ini akan mencegah BitLocker diaktifkan secara otomatis.

7. Pantau Pembaruan Keamanan

Pastikan sistem operasi Windows Anda selalu diperbarui. Pembaruan keamanan dapat memengaruhi kebijakan dan fitur keamanan, termasuk BitLocker. Dengan tetap diperbarui, Anda dapat mengontrol pengaturan keamanan dengan lebih baik.

8. Pelajari Kebijakan Grup (Group Policy)

Dalam lingkungan bisnis atau profesional, Anda dapat menggunakan Kebijakan Grup untuk mengontrol pengaturan BitLocker. Pelajari dan konfigurasi kebijakan grup sesuai kebutuhan organisasi Anda.

Meskipun BitLocker menyediakan keamanan tambahan, tidak semua pengguna ingin atau perlu mengaktifkannya. Dengan pemahaman yang tepat tentang pengaturan keamanan Windows dan opsi yang tersedia, Anda dapat dengan bijak menghindari penggunaan BitLocker dan tetap menjaga keamanan data Anda. Selalu pertimbangkan kebutuhan dan situasi spesifik Anda sebelum membuat keputusan keamanan.

Info Keunggulan Recovery Data Recovery Harddisk Center

RECOVERY DATA / SERVICE HARD DISK Recovery Data Indonesia
1. UTAMA : Service Hardisk/ Recovery Data dengan Alat 1 Milliar, Lisensi Resmi,Original 50 juta/Tahun dan Tim Teknisi Pengalaman 10 Tahun. ( Lisensi Alat Rusia ), Investasi Otak 1 milliar.
2. Kami memiliki alat Recovery Data dengan kemampuan luar biasa, yaitu PC-3000 Portable. PC-3000 Portable dilengkapi dengan berbagai fitur pemulihan data yang sangat efektif, termasuk pemulihan data dari sektor rusak, pemulihan data dari sektor yang hilang, pemulihan data dari partisi yang hilang, dan pemulihan data dari berbagai jenis kerusakan perangkat keras.
3. Service Hardisk dengan kegiatan mulai ringan, dan berat. Ringan dinamai dengan Service Ringan Menengah (SRM) dan Berat dinamai Service Mesin ( SMS ) ( 70% konsumen kami mendapatkan keberhasilan hanya dengan SRM dengan biaya pas/murah mulai dari Ratusan ribu sajah )
4. Rangking 1 se Indonesia, untuk Service Hard Disk atau Recovery data dengan ulasan sebanyak 3000++ Ulasan dan Bintang 4.5 ( Cek di Google Bang Amin Gadget )
5. Berlokasi 2.2 KM dari Gedung Sate ICON JAWA BARAT
6. Usaha yang dipimpin oleh Alumni ITB pada Fakultas Teknologi Industri atas nama Amin Yahya Zefiansyah/NIM ID 13314051
(Pengusaha, Peneliti dan Inovator) Penemu incubator Jinjing search di youtube ” Incubator Jinjing ITB Kick Andy F Noya”. ( penekanan integritas )
7. Siap antar jemput radius 12 KM dari titik lokasi Gedung Sate jawa barat !
8. Salah Satunya Workshop Service Hardisk yang dapat melakukan penyelamatan data dari Ransomware (Virus yang mengunci data kita atau Data tidak bisa dibuka atau hacker nya meminta tebusan) Tim Kami memiliki White Hacker yang dapat melawan balik untuk membantu data anda.
9. Portofolio Real dan bahkan anda dapat meminta kontak konsumen kami yang pernah kerjasama untuk ditanyai detail kegiatan kami di akun berikut atau klik link berikut ( https://www.instagram.com/bangamin_servicehardisk.id/ ) sehingga jaminan anda puas tidak ada yang ditutupi. kontak kami segera via instagram atau WA 0851-7429-9887

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo,
Chat WA kami untuk
KONSULTASI GRATIS

Tim Recovery Data Indonesia
Khusus Penyelamatan Data di Hp, SSD, Harddisk dan Storage Media

Tim recoveryharddiskcenter.com
Khusus Penyelamatan Data storage Media Internasional

Recovery Data Indonesia

Alat PC3000 Ultimate Portable System
Investasi Alat 500 Juta
Legal Hukum PT dan integritas Alumni ITB, Data Aman.
Owner Alumni ITB
Amin Yahya Zefiansyah Nim ID 13314051
Fisika Teknik / Fakultas Teknologi Industri ITB

WA Konsul 1 0851-7429-9887
WA Konsul 2 0851-7429-4818